Jumat, 27 September 2013

Mahasiswa, Belajar atau Mengabdi



Mahasiswa, Belajar atau Mengabdi?
            Apakah tugas mahasiswa? Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita harus mengetahui apa arti kata mahasiswa. Mahasiswa itu sendiri terdiri dari dua kata yaitu ‘maha’ yang memiliki arti sesuatu yang lebih atau paling tinggi dan siswa yang memiliki arti pelajar atau orang yang menuntut ilmu. Jadi, mahasiswa memiliki arti pelajar yang memiliki tingkat paling tinggi. Lalu, apakah tugas mahasiswa hanya belajar? Masih banyak mahasiswa yang menyalah artikan kata pelajar disini dengan hanya menjalani kuliah untuk mendapatkan nilai indeks prestasi yang tinggi dan memiliki kompetensi yang cukup dibidang yang digelutinya. Namun mereka melupakan nilai-nilai nyata yang akan kita bawa setelah lulus. Pemikiran seperti ini, justru akan menumpulkan potensi para mahasiswa.       

            Belajar adalah proses mengembangkan diri menjadi lebih baik dalam segala aspek. Seorang mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki kemampuan kompetensi yang baik dibidangnya, tapi juga harus memiliki kemampuan penunjang atau disebut softskill. Belajar mengembangkan potensi kepemimpinan, kerjasama tim,  berkomunikasi yang efektif dan masih banyak lagi. Softskill ini tidak diajarkan didalam bangku kuliah oleh para dosen tapi kita bisa mendapatkannya di luar kegiatan perkuliahan.
            Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan organisasi mahasiswa sangatlah penting karena manfaatnya akan kembali ke mahasiswa itu sendiri. Selain berfungsi sebagai pembelajaran diri, organisasi mahasiswa merupakan tempat bagi mahasiswa berempati dengan situasi yang terjadi di masyarakat. Negara berkembang seperti Indonesia pasti memiliki banyak masalah-masalah sosial terutama menyangkut kesenjangan ekonomi, kecurangan, ketidakadilan, dan ketidakstabilan politik. Dan dengan mengikuti organisasi mahasiswa kita bisa bersinggungan langsung dengan permasalahan-permasalahan ini, sekaligus mengunggah rasa kritis untuk mencari solusi atas apa yang terjadi dengan ilmu-ilmu yang kita dapatkan di bangku kuliah. Dan disinilah awal dari kita sebagai mahasiswa dapat mengabdi untuk bangsa dan negara.
            Inilah tugas selanjutnya untuk mahasiswa, yaitu mendedikasikan ilmu yang sudah mereka dapatkan dibangku kuliah untuk kemajuan bangsa. Bukan sekedar menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, yang hanya mementingkan kepentingan sendiri, yang tidak mau tahu apa yang dibutuhkan untuk kemajuan bangsa. Mahasiswa seharusnya bisa mengabdi untuk bangsa dan peduli kepada masyarakat. Kepedulian mahasiswa kepada masyarakat adalah salah satu bentuk kontribusi dari mahasiswa untuk bangsa, yaitu dengan memberdayakan masyarakat. Sudah seharusnya mahasiswa mampu memberikan kontribusi untuk masyarakat. Contohnya mahasiswa bisa membantu masyarakat untuk mengatasi masalah-masalah atau isu-isu yang ada.  Melalui kegiatan pengabdian masyarakat inilah mahasiswa akan belajar secara langsung dengan kondisi permasalahan yang nyata dan disinilah kemempuan-kemampuan yang kita dapatkan didalam sebuah organisasi dibutuhkan, yaitu softskill.
            Disamping kepedulian mahasiswa kepada masysarakat, mahasiswa juga harus memperhatikan keadaan negara Indonesia. Lihat bangsa ini, memang kita sudah merdeka, tapi kemerdekaan itu hanyalah status. Secara realita justru bangsa ini dijajah oleh bangsa lain. Kekayaan-kekayaan alam yang ada di Indonesia seperti minyak bumi, emas justru di kuasai oleh pihak asing. Produk-produk pemenuh kebutuhan sehari-hari lebih banyak didominasi oleh produk asing. Ironis, ditengah kekayaan alam negara Indonesia yang berlimpah, bangsa ini masih mengimpor barang dari luar. Katanya, Indonesia adalah negara agraris, tapi kenyataannya Indonesia masih mengimpor kebutuhan-kebutuhan pangan.
            Bangsa ini dari waktu ke waktu terus mengalami keterpurukan. Maka dari itu disinilah kontribusi mahasiswa diperlukan untuk menciptakan pemikiran serta strategi yang baru. Sudah selayaknya mahasiswa menciptakan karya-karya yang mampu mengubah Indonesia menjadi lebih baik. Karena mahasiswa adalah agent of change, mahasiswa adalah agen perubahan, tunjukkan kalau kita adalah penerus bangsa, tunjukkan kalau kita adalah generasi-generasi muda yang akan mengubah Indonesia menjadi lebih baik.
            HIDUP MAHASISWA !!!
            Jadi, tugas dari mahasiswa adalah belajar dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan ilmu yang akan diterapkan, mengikuti kegiatan organisasi untuk mendapatkan kemampuan penunjang yang akan membantu mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang didapat dan mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara.
           

0 komentar:

Posting Komentar

Favorit song

Cursor

BirdSprite

Semut