Kamis, 03 Juli 2014

Peran Mahasiswa dalam Mensukseskan Pilpres

Pemilu merupakan pintu gerbang untuk mewujudkan suatu pemerintahan yang mendapat legitimasi luas dari masyarakat. Jika pemilu dilaksanakan secara demokratis, adil, jujur, langsung dan rahasia maka terwujudnya pemilu yang berkualitas bukanlah sekedar mimpi. Jika pemilu yang berkualitas dapat diwujudkan maka terpilihnya pemimpin-pemimpin yang berkualitas pun tidak dapat diragukan.

Kebijakan-kebijakan baru dalam pemilu Indonesia tahun 2014, peran strategis mahasiswa dalam pembangunan bangsa, dan antusiasme masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu menjadi sebagian kecil syarat keberhasilan penyelenggaraan pemilu. Peran serta masyarakat, pemerintah, maupun perguruan tinggi menjadi sangat penting dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan pemilu.
Pada masa sekarang, rakyat hanya menyerap informasi perkembangan politik dari media masa. Media masa yang seharusnya bersikap netral namun sekarang hanya mementingkan keuntungan dan mengubah esensi informasi yang sesungguhnya, sehingga rakyat hanya dapat mengangguk dan menggelengkan kepala. Dalam hal ini, posisi mahasiswa yang seharusnya menjadi agen dalam perubahan demokrasi di negeri ini sangatlah penting.

Mahasiswa seharusnya dapat memberikan pencerdasaan kepada masyarakat tentang isu-isu yang berkembang di masyarakat, sehingga nantinya akan tercipta pemilu yang berkualitas yang dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas pula. Usaha yang dapat dilakukan mahasiswa yaitu dengan menggerakkan lembaga kemahasiswaan untuk mengadakan kajian politik agar isu-isu yang beredar di masyarakat dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Ketika masyarakat sudah dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada calon-calon pemimpinnya dan dapat menilainya dengan baik, niscaya pemimpin terbaik pun akan hadir untuk memimpin masyarakat itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Favorit song

Cursor

BirdSprite

Semut